Halo, #KawanPetualang. Semoga tetap sehat dan bahagia di masa PPKM dan perpanjangannya ini, ya! 

Tetap semangat untuk berpetualang dengan RoscoMin ke berbagai destinasi wisata pastinya, ya. Membahas soal destinasi wisata, apakah #KawanPETUALANG sudah paham tentang aturan penerbangan terbaru sebelum berwisata ke berbagai destinasi di dalam maupun luar negeri? Jika belum, mari simak pembahasan yang sudah RoscoMin rangkum sebelum #KawanPETUALANG memesan tiket pesawat dan mode perjalanan lainnya.

Syarat penerbangan domestik 2021 berdasarkan instruksi dan arahan Menteri Dalam Negeri menyatakan bahwa sejumlah syarat penerbangan domestik di era covid sebagai berikut:

  1. Menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.
  2. Menunjukkan hasil PCR H-2 untuk penerbangan pesawat udara.
  3. Ketentuan butir 1 dan 2 diberlakukan untuk penumpang keberangkatan dari dan ke Jawa dan Bali.
  4. Wajib memakai masker meskipun memakai face shield.
  5. Melakukan validasi dokumen syarat penerbangan domestik (vaksin dan hasil test PCR) melalui aplikasi PeduliLindungi di check point yang telah disediakan pihak bandara.

Berdasarkan hal tersebut, maka sudah seharusnya #KawanPETUALANG mengecek terlebih dahulu syarat penerbangan terbaru tersebut dan melengkapinya sebelum menjelajah kembali ke berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia maupun mancanegara.

Dan hal itu bisa dimulai dengan mengunduh aplikasi https://pedulilindungi.id/ di perangkat masing-masing dalam upaya validasi pihak bandara atas berbagai dokumen syarat penerbangan, baik syarat penerbangan domestik garuda, citilink dan maskapai lainnya. Hal tersebut dalam upaya mendukung Digitalasasi Dokumen Kesehatan sesuai edaran Menteri Kesehatan No. 847/2021, yang mulai berlaku sejak 1 Agustus 2021.

Dengan adanya surat edaran tersebut, maka dapat dipastikan juga bahwa data hasil test Covid-19 dan kartu vaksinasi bisa terunggah secara otomatis di aplikasi PeduliLindungi karena adanya kewajiban entry data dari laboratorium dan fasilitas Kesehatan yang melakukan RDT Antigen dan PCR ke dalam aplikasi all-record-tc19.  

Pada pelaksanaanya di bandara, akan terdapat check point untuk mengakses QR code dan memindai QR code dari  aplikasi PeduliLindungi. Setelah valid, maka penumpang akan diarahkan ke proses selanjutnya, yaitu ke counter check in. Jika calon penumpang belum memenuhi syarat dokumen penerbangan terbaru tersebut, maka mereka harus mem-validasi dokumen kesehatan tersebut di meja KKP Kementrian Kesehatan di terminal bandara.  

#KawanPETUALANG yang sudah rindu dengan destinasi wisata Gunung Rinjani atau Wisata Air Tiga Gili dan mau segera berkunjung ke destinasi wisata di NTB sekalipun, syarat terbaru naik pesawat ke NTB pun berlaku untuk semua bandara.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan #KawanPetualang di masa PPKM 1-4 ini adalah usia minimal penumpang haruslah berusia12 tahun atau lebih. Beberapa aplikasi menyediakan akses informasi tentang peraturan penerbangan di destinasi wisata yang dituju pada saat proses pemesanan tiket berlangsung, untuk memastikan bahwa segala persyaratan terbaru yang diperlukan untuk berkunjung ke destinasi wisata tersebut sudah memenuhi syarat sebelum #KawanPETUALANG berwisata kesana.

Hal lain juga yang perlu diperhatikan oleh #KawanPETUALANG adalah kemungkinan adanya perubahan atau pergeseran jadwal penerbangan di masa pandemi karena mengikuti situasi dan kondisi di lapangan.

Pastikan semua hal tersebut diperhatikan dan dipersiapkan oleh #KawanPETUALANG dari jauh-jauh hari dan tidak terlewat atau tertinggal. Jangan sampai liburan menjadi gagal karena risiko tiket dan akomodasi bisa hangus dan berimbas pada biaya ekstra, serta harus mengulang semua proses pemesanan tiket dari awal.

Karena itu, mari patuhi protokol kesehatan dimanapun #KawanPETUALANG berada, seperti double masker antara masker medis dan masker kain, menjaga jarak serta mencuci tangan dengan air mengalir maupun hand sanitizer, dan pastikan kondisi kesehatan tubuh pada saat bepergian. Enjoy your travel, #KawanPETUALANG! Stay safe and healthy di era pandemi, ya. Sampai jumpa di sesi destinasi wisata dan detail informasi selanjutnya!

Tentang Meita Laksmiati Marzuki

Seorang Lifetime Learner dengan passion menulis yang kuat. Dirinya percaya bahwa menulis adalah sebuah cara untuk merapihkan kenangan, itu sebabnya tulisannya banyak mengulas tentang kenangan saat mengunjungi destinasi terfavorit di Indonesia. Kamu bisa baca semua tulisannya di sini.

Share This To The World