Dari segala penjuru, Bandung memang menjadi salah satu destinasi wisata yang menyenangkan di Indonesia. Udara yang sejuk, pemandangan yang indah, dan akses mudah ke hampir semua tempat wisata juga menjadi salah satu alasan mengapa ibu kota Jawa Barat ini menjadi destinasi wisata populer. 

Salah satu lokasi wisata yang banyak menyimpan potensi pariwisata terletak di wilayah Kabupaten Bandung Barat, atau sering disingkat KBB.

Pilihan wisatanya pun sangat beragam, mulai dari wisata alam, hingga wisata buatan juga menjadi daya tarik tersendiri. Kabupaten Bandung Barat sendiri merupakan salah satu pusat wisata di kawasan ini, dan yang paling terkenal tentunya adalah kawasan Lembang dengan banyak destinasi buatan yang keren.

Tapi selain itu, Bandung barat juga punya banyak destinasi wisata alam yang tak kalah memukau. Berikut beberapa wisata Bandung barat yang sudah RoscoMin rangkum untuk kamu para #kawanPETUALANG.

1.Sungai Cikahuripan, Green Canyon-nya Bandung Barat

Sumber: hipwee.com

Sungai Cikahuripan atau yang biasa dijuluki dengan “Green Canyon-nya Bandung Barat” ini memang menyamakan pemandangan Grand Canyon di Amerika Serikat. Jadi, #kawanPETUALANG tak perlu jauh-jauh lagi sampai ke luar negeri untuk menikmati eksotisnya tebing Grand Canyon.

Aliran sungai Cikahuripan ini terbentuk dari anak Sungai Citarum Purba. Aliran airnya yang berwarna hijau kebiruan mengikis bebatuan hingga membentuk ngarai curam. Sebagian ada yang tenang layaknya sebuah kolam, sebagian lagi ada yang mengalir deras di antara bebatuan.

2. Romantisme Puncak Eurad Pingping

Sumber: instagram.com/exploresubang

Puncak Eurad Pingping Lembang berada di area perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dengan Kabupaten Subang. Lokasinya yang berada di puncak bukit, menawarkan udara yang sejuk dan pemandangan hijau, yang menjadi daya tarik tempat wisata romantis ini.

Untuk sampai ke lokasi ini, #kawanPETUALANG bakal melewati perkebunan teh dan hutan pinus yang indah, dan sudah memiliki beberapa spot yang khusus dibuat untuk berfoto. Puncak Eurad juga sangat romantis untuk pasangan, yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kenangan indah bersama.

3. Keindahan tersembunyi di Curug Ngebul

Sumber: instagram.com/curug_ngebul

Air terjun yang ini berada di Bandung Barat, tepatnya di Kampung Cisitu ini masih perawan dan belum banyak tersentuh oleh pembangunan wisata. Lokasinya yang relatif terpencil juga membuat curug ini relatif susah diakses. #kawanPETUALANG bakal butuh usaha ekstra untuk bisa menikmati keindahan alami di Curug Ngebul ini.

Curug Ngebul memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter, dengan lebar lima meter, dan terdiri dari dua tingkat. Air terjun pertama adalah air terjun tunggal, yang alirannya membentuk air terjun rendah yang melebar. Hal Inilah yang membuat pemandangan di Curug Ngebul menjadi istimewa, apalagi ketika difoto dari kejauhan.

4. Curug Malela, Niagara-nya Bandung Barat

Sumber: instagram.com/curugmalela.id

Air terjun terbesar di Bandung barat yang bisa #kawanPETUALANG temukan adalah Curug Malela. Air terjun ini bahkan mendapatkan julukan sebagai Niagara-nya Bandung Barat karena ukurannya yang luar biasa, meski tidak sebesar Niagara yang asli tentunya.

Air terjun ini lebarnya 50 meter, dengan ketinggian 70 meter, loh. Untuk sampai ke Little Niagara ini, dibutuhkan sedikit perjuangan dan usaha, mengingat jalan hanya bisa dilintasi sepeda motor dan dengan berjalan kaki. Namun, pemandangan indah sepanjang perjalanan bisa menjadi pengobat lelah sebelum sampai ke Curug Malela ini.

5. Sanghyang Kenit, batu cokelat dan gua purba yang eksotis

Sumber: instagram.com/sanghyang_kenit_official

Sanghyang Kenit adalah aliran sungai yang dipenuhi dengan batu-batu cadas berwarna cokelat. Aliran airnya yang tenang menciptakan banyak kolam alami yang menyegarkan, #kawanPETUALANG bisa nyemplung dan bermain air di tempat yang dikelola oleh warga sekitar dan sudah relatif teratur ini.

Di sisi kiri dan kanan sungai terdapat tebing-tebing cadas yang ditumbuhi pepohonan. Di salah satu sudut, ada gua purba dengan aliran sungai kecil di lantainya. #kawanPETUALANG bisa menjelajah ke dalam gua dengan dipandu oleh guide berpengalaman, dan yang pasti, tempat wisata Bandung barat ini bakal menghasilkan banyak foto keren.

#kawanPETUALANG tertarik liburan dan wisata di tempat yang sudah RoscoMin bagikan? Kalau begitu, persiapkan diri sekarang juga untuk memulai wisata Bandung barat, jangan sampai ada yang terlewatkan, ya.

Christie Stephanie Kalangie

Tentang Christie Stephanie Kalangie

Melankolis yang selalu suka ke pantai, karena dia percaya bahwa ombak adalah pendengar setia yang siap menghanyutkan suasana. Menyukai wisata kuliner terutama Tempe Mendoan dengan sambal kecapnya. Sibuk membaca dan menulis kalau lagi tidak sedang nonton drama.

Share This To The World

Leave a Reply