Jogjakarta, mungkin sudah tidak asing lagi didengar. Daerah yang sangat kental akan budaya ini memiliki sejumlah destinasi wisata seperti wisata kuliner, alam dan bangunan tua yang memiliki pesona dan daya tarik bagi kawula muda. Ada banyak pilihan wisata populer yang ada di Jogja untuk mengisi liburan kamu.

Tempat wisata menarik ga hanya di kota Jogja, lho. Ada beberapa destinasi di luar kota Jogja yang dikelola menjadi tempat wisata instagramable dan populer, cocok banget untuk #kawanPETUALANG yang suka hunting foto.

Penasaran, kan? Berikut 5 destinasi wisata Jogja terhits yang wajib kamu kunjungi

1. Bukit Panguk Kediwung

Sumber : instagram.com/jogja.amazing/

Menikmati pemandangan alam dan menghirup udara sejuk dari ketinggian, Bukit Panguk Kediwung bisa menjadi destinasi pilihan. Tempat wisata ini memiliki gardu pandang yang didesain dengan berbagai bentuk dan menyajikan panorama alam yang indah. Kamu bisa melihat bukit hijau yang terbentang luas dan diselimuti awan yang menakjubkan.

Disamping itu, pengelola menyediakan sejumlah tempat dengan spot foto menarik sehingga menjadi salah satu wisata populer dan terhits di Jogja. Kamu bisa menikmati sunrise dan sunset sambil berburu foto yang instagrammable, kawan.

Tempat ini berlokasi di Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul dengan jarak dari pusat kota kurang lebih 20 km. Biaya tiket masuk Rp 3000 dengan biaya parkir Rp 2.000, untuk spot foto dipatok mulai dari harga Rp 3.000 – Rp 5.000. Murah banget, kan.

2. Pantai Watu Lumbung

Sumber: instagram.com/pantaiwatulumbung

Mau lihat pantai unik di Jogja? Roscomin punya satu tempat wisata yang lagi hits nih, namanya Pantai Watu Lumbung. Berbeda dengan pantai pada umumnya, pantai satu ini memilki hamparan batu karang yang luas dan tersebar di tepi pantai. Uniknya, terdapat batu karang besar dekat dengan bibir pantai yang menyerupai sebuah lumbung, sehingga dinamakan Watu Lumbung. Ketika surut, pengunjung dapat melihat batu karang tersebut lebih dekat.

Selain itu, batu karang di sekitar pantai dapat menjadi spot foto yang menarik, lho. Wisata alam yang satu ini menyajikan pemandangan yang sangat indah. Ketika sunset, kamu bisa berburu foto dengan siluet tebing di sekitar pantai. Pas banget buat kamu yang suka petualangan dan tantangan. Namun harus tetap waspada, yah #kawanPETUALANG karena terdapat banyak batu karang di sekitar pantai dan sangat tidak aman untuk berenang.

Pantai Watu Lumbung terletak di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk sampai ke lokasi dapat ditempuh dengan jarak sekitar 80 km dari kota Jogja dengan harga tiket masuk Rp 5.000. Tertarik?

3. Hutan Pinus Mangunan

Sumber : instagram.com/hutanpinusmangunan

Wisata alam yang satu ini sangat banyak diminati oleh para pengunjung, deretan pohon pinus yang menjulang tinggi ditambah kabut pagi membuat kawasan wisata ini terlihat begitu sejuk dan estetik, recommended untuk #kawanPETUALANG yang ingin melepaskan penat, kamu bisa bersantai sambil mengambil foto untuk menambah feed instagram kamu. Ga heran jika Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu tempat wisata paling hits di Jogja akhir-akhir ini. Adapun fasilitas yang ada di kawasan wisata ini seperti outbond, gardu pandang untuk melihat pemandangan, toilet, mushola serta area parkir.

Hutan Pinus Mangunan berlokasi di desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Untuk masuk ke kawasan ini kamu cukup membayar Rp 5.000/orang dengan biaya parkir motor Rp 3.000.

4. Romantic Garden Bantul

Sumber : instagram.com/jalanjajanseru

Untuk #kawanPETUALANG yang ingin berlibur ke Jogja, jangan lupa untuk mampir ke Romantic Garden Bantul. Tempat wisata yang satu ini menyajikan keindahan bunga warna-warni yang mampu memikat hati para pengunjung. Terdapat beberapa jenis bunga yang ditanam dengan berbagai warna sehingga menjadi tempat wisata terhits di Jogja. Selain itu, adanya properti tambahan seperti rumah-rumahan, mobil dan sebagainya membuat tempat wisata ini menjadi lebih instagenic.

Romantic Garden Bantul terletak di Jalan Lintas Selatan, Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul. Untuk masuk ke tempat wisata ini kamu cukup membayar Rp 8.000/orang, sudah termasuk parkir, toilet dan sewa topi. Roscomin saranin untuk tidak merusak tanaman bunganya ya, demi menjaga keindahan taman.

5. The Lost World Castle

Sumber : instagram.com/thelostworldcastle

Salah satu tempat wisata buatan terhits di Jogja yaitu The Lost World Castle, keindahan bangunan kastil berdiri kokoh di sekitar kawasan lereng gunung Merapi. Uniknya, kastil ini dibangun dengan memanfaatkan batuan sisa erupsi. Destinasi ini memadukan antara pemandangan alam dan buatan bak negeri dongeng sehingga menjadi salah satu wisata favorit. Area yang cukup luas dengan permainan yang seru serta terdapat banyak spot foto yang instagrammable dengan latar belakang Gunung Merapi, Roscomin jamin #kawanPETUALANG bakal betah lama nih, hihi.

Lokasi wisata ini berada di desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman dengan harga tiket masuk Rp 30.000. Akan lebih menyenangkan jika #kawanPETUALANG mengajak teman ataupun keluarga. Ga bakalan nyesel, deh.

Nah itulah ulasan singkat mengenai 5 destinasi wisata terhits di Jogja, kawan. Semoga bisa menjadi opsi yang tepat untuk #kawanPETUALANG yang ingin berlibur di luar kota.

Rizky febriza

Tentang Rizky Febriza

Si pecinta kucing yang hobi travelling, senang belajar hal baru dan menyukai tantangan.

Share This To The World

Leave a Reply