Yuk Stop Buang Puntung Rokok Sembarangan Dimanapun Leave a comment

[rotatingscout.com] Selamat pagi #kawanPETUALANG, sudah memasuki awal april nih. Dan kebetulan di bulan april ini bakal ada 2 libur panjang yang pastinya bisa dimanfaatkan untuk kembali bercengkrama dengan melakukan aktivitas refreshing seperti bertamasya bersama keluarga atau kembali mendaki gunung.

Bicara tentang mendaki gunung, adakah dianara kalian atau teman sesama pendaki yang termasuk Train Man (manusia kereta api) atau Stop Smoking (berhenti saat treking untuk merokok)? Jika ada, maka artikel berikut ini boleh menjadi bahan renungan kita semua.

Kebiasaan Buang Puntung Rokok Sembarangan

Selama melakukan istirahat di jalur pendakian, entah itu di pos 1, pos bayangan ataupun camp ground, beberapa kali kami menemukan puntung rokok yang dibuang begitu saja. Hayo siapa yang sering menemukan hal ini, atau jangan-jangan kamu salah satu oknum yang melakukan hal ini?

Bagi oknum mungkin beranggapan bahwa membuang satu puntung rokok tidak akan bermasalah, tapi bagaimana jika perilaku ini diikuti oleh oknum lain? Tentu hal ini akan berakibat buruk bagi lingkungan, karena filter dari puntung rokok terbuat dari serat sintetis yang sulit di daur ulang dalam waktu singkat. Hal ini kerap terjadi juga di kota-kota besar, dimana orang membuang puntung rokok sembarangan, dan masih menyala.

perokok-aktif

Fakta lain yang mencengangkan adalah menurut data Tabasco Atlas, jumlah perokok aktif di Indonesia termasuk yang tertinggi di Dunia (nah loh). Dari data tersebut, disebutkan 2.667.000 perokok berasal dari usia anak-anak dan 53.767.000 usia dewasa…ampuun. Jika 1% diantara 56.434.000 orang perokok tersebut membuang 1 puntung rokok sembarangan, itu berarti ada 564.340 puntung rokok dalam sehari. Namun sayangnya kadang ada saja yang sehari merokok tidak sebatang dan hitung berapa jumlah sampah dari puntung rokok ini dalam sebulannya? bisa mencapai 16.930.200 atau setara 16 ton sampah. *tepok jidat*

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak ini

Sederhana, yaitu mengurangi tabiat konsumsi merokok dan mengurangi konsumsi sampah harian kita. Melakukan aktivitas diet plastik pun dapat membantu kehidupan yang lebih baik. Yuk mulai dari kita sendiri untuk menemukan masalah yang timbul disekitar kita. [kudo]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *