Review Sawyer Water Purifier Leave a comment

[rotatingscout] Selamat Pagi #kawanPETUALANG, kali ini mimin Rosco kedatangan produk baru untuk direview nih. Buat kamu yang berniat beli salah satu produk water purifier atau alat penyaring air untuk kegiatan outdoor, sebaiknya baca artikel berikut ini. Biar lebih yakin beli nya..hihihi.

Produk kali ini datang dari salah satu perusahaan penyedia alat penyaring air, dengan merek Sawyer. Yup, mungkin kamu pernah denger atau banyak iklan yang seliweran tentang produk ini. Namun kamu mungkin masih ragu tentang kualitas produk tersebut. Soo, duduk manis dan siapin cemilan cepuluh buat baca review Sawyer Water Purifier ini.

[well]Tentang Produk[/well]

Nama Produk ini adalah Sawyer Water Purifier. Bentunya kecil, Sebesar telapak tangan doang gaes. Sehingga mudah untuk dimasukin celana atau diletakan di tas gunung kamu. Ga ngabisin spasi kok..apalagi enter (halah, mimin mulai ngaco). Nih penampakan alatnya.

Sawyer Mini Walter Filter

Spesifikasi Lengkap :

[table type=”striped” cols=”#,Spesifikasi, Deskripsi, Ket” data=”1, Nama Alat, Sawyer Mini Water Purifier, -, 2, Negara Asal Merek, USA, – , 3, Spesifikasi, Berat Alat, 2 Ons, , ,Pattent ID,0-50716-00128-0, , , ,0-50716-00124-2, , ,Ukuran Pori,0.1 Micron Absolute”]

Menurut Spesifikasi Produk, sawyer mini walter filtration mampu menghilangkan 99,99 % Kotoran, bakteri atau kuman yang berkembang biak di air. Mengingat berkegiatan di alam bebas dimana kondisi cuaca kadang tidak menentu dan kebutuhan air yang tidak sedikit bagi beberapa orang petualang, maka air menjadi masalah rumit apabila kita tidak bisa menemukan sumber air bersih (air layak konsumsi).

Sumber air yang ada dibeberapa gunung, mungkin terlihat jernih, tapi belum tentu bebas dari bakteri. Nah menurut data report yang kami terima, produk ini mampu menghilangkan itu semua agar air yang kita minum bisa bikin kita sehat wal afiatĀ  selama petualangan, tanpa harus dimasak, jadi lebih ngirit gas (kecuali kalian mau bikin kopi atau minuman hangat lainnya yoo tetep harus direbus dulu. Karena di alat ini enggak ada tombol Hot Water).

Dalam Paket Produk

Dalam paket Sawyer mini walter filter, kalian akan menemukan 4 macam benda. Yaitu, Sawyer mini filter, Sedotan, Suntikan dan Travel Puch. Masing-masing punya fungsi dan kegunaan sendiri, seperti di tunjukan pada gambar berikut ini.

Satu Set Alat Penyaring, Dibayar Tunai..SAH!!

Fungsi nya antara lain :

Sawyer Mini filter – Untuk menyaring air.

Travel Puch – Untuk menyimpan air sebelum disaring.

Sedotan – Untuk minum langsung dari sumber air

Suntikan – Untuk membersihkan alat penyaringnya.

[well]Uji Lapangan[/well]

Cuma data di atas kertas doang tidak akan bikin kita percaya, betul gak gaes? Maka tim kami berangkat menuju tempat kemping yang memadai disekitaran bandung, dan didapatkanlah Kareumbi sebagai lokasi uji coba ini. Kebetulan malammya Hujan Deres, dan kami mendapatkan sumber air yang keruh sebagaimana gambar dibawah ini.

Pengujian Lapangan Siap Dimulai

Kami menggunakan air yang keruh untuk pengujian ini dan dimasukan kedalam travel puch disebelah kanan. Dapat dilihat bahwa air berwarna keruh (coklat tercampur tanah akibat hujan tanpa ada kenangan didalamnya *plak). Hasil penyaringan didapatkan air yang lebih jernih dan diletakan dalam gelas kosong di sebelah kiri. Proses penyaringan dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Hasil Penyaringan Air

Tampak air yang disaring menggunakan alat ini lebih jernih (mungkin di gelas nampak berkabut, wajar..namanya gelas plastik, tempat salah dan dosa *ngok).

Nah, hasil uji data laboratorium yang kami dapatkan dari Sawyer untuk beberapa mikroba bisa dilihat di tabel berikut ini :

Hasil Pengujian Lab.

Dari data pengujian lab untuk beberapa jenis mikroba, ukuran dalam satuan micron (1 x 10-9), ternyata bakteri tidak ada yang lolos, alias air hasil saringan bersih. Dilihat pada pengujian 1, 2 dan 3 untuk jenis saringan dengan ukuran pori-pori yang berbeda pula.

[well]Kesimpulan dan catatan[/well]

Air yang dapat disaring oleh Sawyer adalah air yang mengandung partikel (kotoran, kuman, bakteri, dsb) namun untuk air yang berasa asam, manis, asin atau pahit tidak dapat disaring. Ini mungkin membutuhkan penanganan lebih sebelum dikonsumsi.

Catatan lainnya adalah Jangan terlalu menekan pada proses filtrasi menggunakan travel puch yang disediakan oleh sawyer. Jika terlalu memaksa, kemungkinan pori yang ada didalam penyaring akan terbuka akibat gaya dorong partikel ,sehingga hasil saringan tidak akan efektif. Untuk masalah harga, Alat ini dijual dengan kisarng 450 – 500 ribu rupiah. Dapat kalian temukan di beberapa toko perlengkapan outdoor di seluruh indonesia.

Demikian review produk hari ini, semoga bermanfaat, jika ada hal-hal yang ingin didiskusikan, boleh meninggalkan koment dibawah ini. salam damai semua [eka]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *